Tiba di Alor, Menag Kunjungi Gereja dan Masjid

By Abdi Satria


nusakini.com-Alor-Menag Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan Jenderal (Purn) bintang empat ke negeri berjuluk 'Surga di Timur Matahari' ini dalam rangka menghadiri Natal Oikumene Tingkat Kabupaten Alor 2019. 

Menag tiba di bandara Mali Alor sekitar pukul 14.10 waktu setempat dan disambut dengan tarian khas Alor suku Kabola, serta dikalungi kain khas NTT, Sabtu (28/12). Tampak mendampingi Menag, Bupati Alor Amon Djobo, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, Kakanwil Kemenag NTT Sarman Marselinus, Kakankemenag Alor Muhammad Marhaban, dan Sesmen Khoirul Huda Basyir. 

Mengawali kegiatan, Menag mengunjungi Jemaat Gereja Masehi Injili di Timur (GMIT) Imanuel Poliboo, Kecamatan Kabola di Jalan Soekarno Hatta. Di hadapan jemaat, Menag berpesan untuk terus menjaga kerukunan umat beragama yang telah terjaga dengan baik di Kabupaten Alor. 

"Saya sejak awal sudah mengatakan bahwa saya Menteri Agama Republik Indonesia yang bertugas membangun kerukunan seluruh umat beragama. Ini selalu saya pegang teguh. Hidup rukun dan damai itu pasti membawa kesejahteraan," ujar Menag. 

Menag kemudian meninjau pembangunan Gereja Imanuel Poliboo yang persis berada di samping bangunan gereja lama tempat berlangsungnya pertemuan bersama jemaat Kristiani yang juga turut dihadiri umat muslim. 

Usai dari Gereja Imanuel Poliboo, kegiatan Menag dilanjutkan menuju Mesjid Agung Al Fatah Kalabahi. Selain menekankan pentingnya hidup rukun dan damai, dalam kesempatan itu Menag menandatangani prasasti peresmian pembangunan KUA Kecamatan Pantar dan KUA Waekabubak Kabupaten Sumba Barat yang anggarannya bersumber dari SBSN 2019. 

Menag juga meninjau pembangunan Masjid Agung Al Fatah Kalabahi, di dampingi Bupati Alor dan Ketua DPRD Alor. Dalam kesempatan tersebut, pengurus Mesjid Agung Al Fatah Kalabahi menyerahkan proposal bantuan mesjid kepada Menag Fachrul Razi. 

Rangkaian kegiatan Menag sore itu diakhiri dengan bertemu dengan jemaat Gereja Pola. Puncak perayaan Natal Oikumene Tingkat Kabupaten Alor akan berlangsung di Perjuangan Convention Hall pada Sabtu malam. (p/ab)